Total Tayangan Halaman

Translate

 

Kamis, 06 Desember 2012

SMK N Rajapolah

0 komentar
Perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era reformasi, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, memicu dan memacu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu.
SMK Negeri Rajapolah memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa yang akan datang, yang diwujudkan dalam visi sekolah seperti yang tercantum di bawah ini :
VISI :

Berlandaskan Iman dan Takwa SMK Negeri Rajapolah  Menjadi Sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional tahun 2015
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka SMK Negeri Rajapolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut :
MISI :
  1. Menanamkan keimanan dan ketakwaan peserta didik secara benar sesuai keyakinannya.
  2. Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi tinggi, mampu bersaing di pasar tenaga kerja nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan tamatan yang unggul dan dapat bekerja mandiri (berwirausaha).
  4. Menjalin kerjasama dengan DU/DI  dan Stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan dan pemasaran lulusan.
  5. Memberikan mutu pelayanan yang terfokus pada kepuasan pelanggan.
  6. Menerapkan manajemen yang efektif  dan komprehensif.
  7. Membekali peserta didik dengan kemampuan bahasa Inggris.
  8. Menciptakan sekolah berwawasan lingkungan.

    SMK Negeri Rajapolah adalah SMK Negeri Ke - 3 yang berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Pendiriannya diprakarsai oleh tokoh Masyarakat Rajapolah dan unsur muspika Kec. Rajapolah serta telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah sebagai sekolah negeri pada tanggal 4 September 2008. Berdasarkan SK Bupati No. 821.2/KEP.121/BKPLD/2008 ditetapkan Zenal Mutaqin, S.Pd.MM.Pd sebagai Kepala SMK Negeri Rajapolah yang pertama.
    Pada awalnya  SMKN Rajapolah adalah kelas jauh dari SMKN Bantarkalong, sehingga kepala SMKN Bantarkalong Drs. Endang Dahyar, M.Pd, ditunjuk sebagai PLT dan Kepala SMP N 1 Rajapolah Drs. Teddy Sutardy, M.Pd sebagai PLH. Dua orang guru yaitu :  Drs. H. Sulaeman dan Anton susanto, S.Pd mendapat tugas dari dinas pendidikan untuk mengajar di SMKN Rajapolah  dibantu oleh guru lainnya sebanyak sebanyak 20  Orang.
    Tahun pertama berdiri, jumlah siswa sebanyak 99 orang meliputi dua program keahlian yaitu Teknik Mekanik Otomotif (TMO) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Proses pembelajaran dimulai pada tanggal 16 Juli 2007 menempati ruang kelas di SMP Negeri 1 Rajapolah Selama 2 Minggu. Oleh Karena keinginan orang tua siswa, Proses Kegiatan belajar dialihkan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tasikmalaya yang beralamat di Jalan Ibrahim Aji Km. 22 Indihiang - Tasikmalaya.

    Pada bulan April 2008, untuk mempercepat akselerasi ketercapaian pembangunan Unit sekolah baru, ditunjuk Drs. Oom Suparmas sebagai PLT dan Zenal Mutaqin, S.Pd, MM.Pd. sebagai PLH. Pada bulan berikutnya, SMK Negeri Rajapolah mendapatkan Bantuan Unit Sekolah Baru (USB) Tahap I sebanyak 3 ruang kelas dari  Pemerintah Pusat yang dibangun di atas tanah seluas 18.251 M2 di Jalan Ciinjuk No. 1 Sukaraja - Rajapolah - Tasikmalaya.
    Tahun Pelajaran 2008/2009 Jumlah Pendaftar sebanyak 330 orang, sedangkan yang diterima 240 orang. Ole karena Balai Latihan Kerja (BLK) tidak dapat menampung siswa sebanyak itu , maka proses KBM dipindahkan ke SD Manggungjaya  3 dan SD Manggungjaya 5 Kec Rajapolah , berlangsung selama 1 semester dari tanggal 13 Juli 2008 s.d. 31 Desember 2008.
    Sekarang ini SMK Negeri Rajapolah menempati bangunan milik sendiri dengan jumlah 24 ruang kelas, 3 Workshop TKJ, 1 bengkel TMO, 1 Workshop TGB, 1 Workshop Akuntansi, 1 Workshop Pemasaran,3 Kantor Program Keahlian dan 1 Kantor Utama. Proses Belajar Mengajar  dilaksanakan double shift (pagi dan siang hari).

0 komentar:

Posting Komentar